Setelah Habib Rizieq Tersangka, Amien Rais Selanjutnya?

Akhlak Islami

Setelah Habib Rizieq Tersangka, Amien Rais Selanjutnya?

amien-rais-habib-rizieq.jpg


jilbaber.com – Satu per satu tokoh dan ulama yang ikut Aksi Bela Islam 212 dijerat kasus hukum. Setelah Muhammad Al Khaththat dan Alvian Tanjung mendekam dipenjara, lalu Habib Rizieq tersangka, kini Amien Rais dalam bidikan. Bapak Reformasi itu disebut menerima menerima aliran dana dari terdakwa kasus pengadaan alat kesehatan Siti Fadilah yang merupakan mantan menteri kesehatan.

“Saya baca beberapa informasi di media sosial itu, KPK membuka kembali, katanya saya dapat aliran dana Rp 5 juta antara 2003-2007,” ujar Amien Rais kepada wartawan di rumahnya di Komplek Pandeansari, Depok, Sleman, Kamis (1/7/2017) seperti dilansir Detik.

Amien berjanji akan menerangkan duduk perkaranya besok dengan lebih detail. Dia akan menggelar jumpa pers di Jakarta.

“Besok (jumat) di rumah saya di Gandaria, jam 10.00 WIB saya akan mengadakan press conference. Media cetak, media televisi akan saya undang semuanya,” kata Amien.

Jumat, 2 Juni 2017, Amien menepati janjinya. Dia menggelar konferensi pers dan menyebut uang Rp 600 juta yang masuk ke rekeningnya merupakan bantuan Soetrisno Bachir untuk keperluan operasional setelah tidak menjadi ketua MPR.

Sebelumnya, jaksa KPK menyebut Amien Rais menerima transfer dari Siti Fadilah sebanyak enam kali. Setiap transfer, Amien Rais menerima Rp 100 juta.

“Terhadap dana yang masuk ke rekening milik Yurida Adlaini tersebut, selanjutnya Nuki Syahrun selaku Ketua Yayasan SBF kemudian memerintahkan untuk memindahbukukan sebagian dana kepada pihak-pihak yang memiliki hubungan kedekatan dengan terdakwa Siti Fadilah,” kata jaksa dalam sidang tuntutan terdakwa Siti Fadilah di PN Tipikor, Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017).

Dalam tuntutan jaksa, Amien Rais tercatat enam kali menerima uang aliran dari Siti Fadilah. Pertama, Amien Rais menerima uang pada 15 Januari 2007. Kemudian yang terakhir, Amien Rais terakhir menerima pada 2 November 2007. Uang tersebut berasal dari Siti Fadilah.

Amien Rais sendiri adalah salah satu tokoh yang aktif saat Aksi Bela Islam digelar. Beberapa kali dia ikut berorasi bersama Habib Rizieq dan ulama lainnya.

Apakah setelah Habib Rizieq tersangka, kini Amien Rais selanjutnya? (kl/wjd)

Resensi Buku : Sesak Dada Karena Membaca Eramuslim Digest Edisi 12 , Ancaman Imperialisme Kuning

loading…

Komentar

Most Popular

To Top