Politisi PAN Sebut Jokowi Belum Laksanakan UU Ormas No 17 Tahun 2013 Dengan Baik

Akhlak Islami

Politisi PAN Sebut Jokowi Belum Laksanakan UU Ormas No 17 Tahun 2013 Dengan Baik

Yandri-Susanto.jpg


Eramuslim – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang diterbitkan pada hari Rabu siang dinilai belum mendesak. Pasalnya, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas dinilai sudah cukup detail.

“Bagaimana mendirikan ormas, bagaimana pengawasannya, keuangannya, programnya, pembubarannya sudah begitu detail,” ujar anggota Komisi II DPR Yandri Susanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7).

Menurut Yandri, pemerintah belum melaksanakan dengan baik isi dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. “Misalnya apakah benar selama ini pemerintah melaksanakan pembinaan, evaluasi, memantau secara seksama terhadap organisasi yang jumlahnya ribuan,” ujarnya.

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menambahkan, “Sebenarnya ketentuan mengenai pembubaran Ormas anti- Pancasila sudah diatur sangat jelas dalam Undang-Undang Ormas.”

“Tata aturan dan cara beracaranya juga jelas. Pengadilannya 60 hari, kalau enggak putus bisa diperpanjang 15 hari. Nah, sanksinya mulai dari ringan, berat sampai pembubaran ada. Apakah itu sudah dilakukan selama ini?” ungkapnya.

Yandri memperingatkan bahwa jangan sampai Perppu baru justru menambah masalah, bukan menyelesaikannya. (Sindo/Ram)

Komentar

Most Popular

To Top