Kapolda Jabar Larang Ormas Lakukan Sweeping Tempat Maksiat di Bulan Ramadhan

Akhlak Islami

Kapolda Jabar Larang Ormas Lakukan Sweeping Tempat Maksiat di Bulan Ramadhan

anton-charliyan-1.jpeg


jilbaber.com- Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Barat (Polda Jabar) melarang setiap organisasi masyarakat (ormas) untuk melakukan razia atau sweeping selama bulan Ramadhan.

“Jelas setiap ormas dilarang untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan fungsinya, fungsi sweeping adalah fungsi penegakkan hukum,” ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan di Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bandung, Minggu (21/5/2017).

Dia mengatakan, pelaksanaan razia seperti tempat hiburan malam atau tempat lainnya merupakan tugas dari penegak hukum. Sehingga jika masyarakat menemukan adanya tempat-tempat hiburan malam yang buka selama Ramadhan lebih baik melapor ke polisi.

“Masyarakat hanya bisa memberikan, sebagai kontrol sosial, sesuaikan saja tugasnya, masyarakat kontrol sosial dan polisi penegakkan hukum. Jadi kalau kita sesuai dengan fungsi masing-masing Insyaallah ini akan harmoni aman,” katanya.

Menurutnya, jika saat Ramadhan terdapat ormas yang keluar jalur, tidak sesuai dengan fungsinya sebagai kontrol sosial maka, polisi tidak akan segan untuk menindaknya.

“Dan kalau ada yang melakukan di luar tindakan kita akan tindak tegas siapapun juga,” kata dia. (kl/ts)

Patut diketahui, dalam SOP FPI, aksi sweeping terhadap tempat maksiat selalu dilakukan setelah berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Jika kepolisian mendapat aduan tentang tempat maksiat dan diam saja, maka terpaksa ormas yang melakukan. Jika tidak mau ormas melakukan sweeping, kepolisian harus bisa menegakkan hukum dengan adil tanpa pandang bulu.

Resensi Buku : Telah Terbit Edisi 9 cet 3, Eramuslim Digest, Untold History Sejarah Indonesia Pra Islam Hingga Abad 19

Komentar

Most Popular

To Top