KADIN: HAM itu Sejalan Dengan Syariat Islam

Akhlak Islami

KADIN: HAM itu Sejalan Dengan Syariat Islam

fpi-aceh.jpg


jilbaber.com –  Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh Munawar, menegaskan hukum syariat Islam yang diterapkan di Aceh tidak bertentangan dengan hak asasi manusia atau HAM.

“Kami tegaskan bahwa hukum syariat Islam yang diterapkan di Aceh tidak bertentangan HAM,” kata Munawar di Banda Aceh, Selasa (16/5).

Sebelumnya, kata dia, ada sejumlah lembaga nonpemerintah menilai penerapan hukum syariat Islam di Provinsi Aceh melanggar HAM. Pelanggaran HAM yang dimaksud adalah hukuman cambuk.

Menurut dia, anggapan hukum syariat Islam melanggar HAM adalah pemahaman keliru. Malah, hukum syariat Islam melindungi hak asasi manusia.

“Karena itu, harus dijelaskan kepada pihak luar bahwa syariat Islam tidak melanggar dan bertentangan dengan HAM,” kata dia.

Munawar juga menyesalkan ada pihak yang menyoroti hukuman cambuk di Aceh. Padahal, di banyak negara, hukuman cambuk masih diberlakukan.

“Tapi, mengapa hanya hukuman cambuk di Aceh yang selalu dipermasalahkan. Di China juga masih ada hukuman cambuk, begitu juga di sejumlah negara di Timur Tengah,” kata dia.

Selain itu, Munawar menyebutkan sekarang ini pelaksanaan syariat Islam di Aceh masih banyak menghadapi tantangan. Tantangan tidak hanya internal, tetapi juga eksternal.

“Tantangan ini mencuat karena masih adanya pemahaman keliru tentang syariat Islam. Karena itu, kami terus berupaya menyosialisasikan syariat Islam hingga terlaksana secara kaffah(sempurna),” kata Munawar.(dd/akt)

Resensi Buku : Telah Terbit Edisi 9 cet 3, Eramuslim Digest, Untold History Sejarah Indonesia Pra Islam Hingga Abad 19

loading…

Komentar

Most Popular

To Top