Bom Banten Dengan 1 Ton Shabu, 4 WNA Komunis-RRC Ditangkap

Akhlak Islami

Bom Banten Dengan 1 Ton Shabu, 4 WNA Komunis-RRC Ditangkap

shabu.jpg


jilbaber.com -Upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 1 ton melibatkan empat Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan China.

Mereka bernama Lin Ming Hui, Chen Wei Chuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li. Satu diantaranya ditembak mati oleh polisi karena melawan petugas saat hendak ditangkap.

“Satu tewas, dua orang ditangkap, satu buron,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Kamis (13/7).

Tersangka yang tewas adalah Lin Ming Hui. Ia diketahui berperan sebagai bos atau pegendali jaringan narkotika internasional yang berasal dari RRC.

Menurut Kasubdit 3 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) PMJ, Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara, tersangka berusaha menabrak petugas dengan sebuah mobil.

“Ya, benar (mencoba menabrak petugas),” ucap Bambang.

Dua tersangka yang ditangkap adalah Chen Wei Chuan dan Liao Guan Yu. Sementara, pelaku yang buron adalah Hsu Yung Li.

Dalam penangkapan tersebut, aparat Polri berkoordinasi dengan kepolisian Taiwan terkait indikasi pengiriman sabu ke Indonesia. Setelah melakukan penyelidikan dan pengintaian selama dua bulan, Tim Gabungan Satgas Merah Putih melakukan penangkapan.

Penangkapan pun dilakukan di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis dini hari (13/7).

Total barang bukti yang disita dari operasi itu adalah 51 kotak berisi sabu yang masing-masing diestimasikan seberat 20 kilogram.

Rinciannya, 27 kotak diamankan dari sebuah mobil jenis Toyota Innova Gold dan 24 kotak di Innova Hitam. (kl/rmol)

Resensi Buku : PreOrder Digest 10, Untold History 2 , Penggelapan Sejarah Sejak Pergerakan Nasional Hingga Reformasi

Komentar

Most Popular

To Top